Kasih Lintas Manusia #KLM
RATE CARDUNDANGAN PERS

7 Manfaat Kacang Kenari untuk Ibu Hamil, Kaya Asam Folat – HEALTHNEWS MAGAZINE

[ad_1]

Saat hamil, kita perlu pintar-pintar memilih makanan untuk dikonsumsi. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan Bunda dan calon bayi. Nah, salah satu makanan yang bisa Anda pertimbangkan untuk dikonsumsi adalah kacang kenari. Ada banyak manfaat kacang kenari untuk ibu hamil yang perlu Bunda ketahui, nih. Melansir berbagai sumber, yuk simak rangkuman selengkapnya di sini!

Kandungan Nutrisi Kacang Kenari

Bunda, kacang kenari merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang aman dikonsumsi selama kehamilan. Pasalnya, jenis kacang ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. 

Menurut Uniter States Departement of Agriculture (USDA), satu sendok kacang kenari atau setara 7,8 gram mengandung berbagai nutrisi seperti:

  • 0,356 air
  • 1,88 protein
  • 0,747 gram karbohidrat
  • 0,53 serat
  • 4,63 lemak
  • Serta mengandung juga asam folat, kalsium, vitamin E dan B6

Beragam Manfaat Kacang Kenari untuk Ibu Hamil

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kaya Akan Asam Folat, Ini 7 Manfaat Kacang Kenari untuk Ibu Hamil

Salah satu manfaat penting kacang kenari untuk ibu hamil adalah menjaga kesehatan jantung selama masa kehamilan.

Kenari adalah sumber asam lemak omega-3, yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, menurunkan trigliserida, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah secara keseluruhan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan kenari secara teratur selama kehamilan dapat berdampak positif bagi kesehatan ibu dan bayinya.

Penelitian juga menunjukkan bahwa memasukkan kenari ke dalam makanan ibu dapat mencegah kemungkinan berkembangnya pre-eklampsia, komplikasi potensial selama kehamilan yang sering ditandai dengan tingkat tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, mengkonsumsi kenari merupakan cara sehat untuk menjaga kesehatan jantung selama masa kehamilan.

2. Menjaga Kesehatan Otak Ibu dan Bayi

Salah satu aspek terpenting dalam menjaga kesehatan selama kehamilan adalah memastikan perkembangan otak yang baik bagi ibu dan bayi.

Kenari dapat memainkan peran penting dalam hal ini. Sebagai bagian dari manfaat kacang kenari untuk ibu hamil, kacang kenari mengandung asam lemak omega-3, yang membantu pertumbuhan dan perkembangan otak, mata, dan sistem saraf bayi.

Lemak sehat ini juga penting untuk kesehatan otak ibu, terutama selama masa kehamilan dan menyusui. 

3. Mencegah Kanker

Kenari adalah makanan bergizi tinggi yang memberikan banyak manfaat kesehatan bagi ibu hamil. Salah satu manfaat tersebut adalah kemampuannya untuk membantu mencegah kanker selama kehamilan.

Penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi kenari selama kehamilan dapat menurunkan risiko kanker payudara pada ibu dan keturunannya. Ini karena tingginya tingkat antioksidan yang ditemukan dalam kacang kenari, yang membantu melindungi sel dari kerusakan DNA dan mencegah berkembangnya kanker.

Selain itu, kenari kaya akan asam lemak omega-3, yang telah terbukti memiliki efek perlindungan terhadap berbagai jenis kanker. 

Artikel Terkait: 6 Manfaat Kacang Arab untuk Ibu Hamil, Mencegah Diabetes Gestasional

4. Menjaga Berat Badan yang Sehat Selama Hamil 

Kaya Akan Asam Folat, Ini 7 Manfaat Kacang Kenari untuk Ibu Hamil

Mempertahankan berat badan yang sehat selama kehamilan sangat penting untuk kesejahteraan ibu dan bayi yang sedang tumbuh. Kenari, kaya akan lemak dan protein yang sehat, bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet ibu hamil yang ingin menjaga berat badan yang sehat.

Menurut penelitian, kenari mengandung asam lemak omega-3 dan serat, yang membantu meningkatkan rasa kenyang, sehingga mengurangi asupan makanan. Hal ini menjadikan kacang kenari sebagai pilihan camilan yang ideal bagi ibu hamil yang ingin menekan nafsu makan untuk menghindari ngemil yang tidak sehat.

5. Kaya Antioksidan dan Asam Folat

Khasiat antioksidan yang kaya dari kenari bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet ibu hamil.

Kenari kaya akan antioksidan, yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan menjaga kesehatan tubuh.

Konsumsi kenari saat hamil juga diketahui dapat meningkatkan kualitas ASI. Tingginya kadar asam folat dalam kenari dapat membantu mencegah cacat lahir pada otak dan tulang belakang bayi. 

Kenari adalah sumber asam folat yang sangat baik, vitamin B yang memainkan peran penting dalam kehamilan. Satu ons kenari mengandung sekitar 28 mikrogram asam folat, yaitu sekitar 7% dari nilai harian yang direkomendasikan.

Mengkonsumsi kacang kenari secara teratur selama masa kehamilan dapat membantu menjaga kadar asam folat yang optimal dalam tubuh ibu, yang pada gilirannya mendukung perkembangan janin yang sehat. 

6. Bantu Meningkatkan Kualitas ASI

Kenari adalah pusat nutrisi dan sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Selain menjaga kesehatan jantung dan otak serta mencegah kanker, kenari juga dikenal dapat meningkatkan kualitas ASI.

Menurut penelitian, mengonsumsi kenari selama kehamilan dapat meningkatkan konsentrasi DHA, asam lemak omega-3 esensial, dalam ASI.

DHA sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak dan sistem saraf bayi. Selain itu, kenari dikemas dengan nutrisi penting lainnya seperti vitamin E, melatonin, dan asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan dan perkembangan ibu dan bayi secara keseluruhan. 

Artikel Terkait: Manfaat Susu Kacang Kedelai untuk Maag dan Asam Lambung

Kesimpulannya, memasukkan kenari ke dalam makanan ibu hamil dapat memberikan banyak manfaat bagi ibu dan bayinya. Namun, apabila Anda memiliki riwayat alergi kacang, maka makanan ini sebaiknya dihindari. Pasalnya, kacang yang sering menyebabkan reaksi alergi adalah kacang tanah, almond, hazelnut, serta termasuk kenari. 

Maka itu, mengingat kondisi setiap Bumil juga berbeda, tidak ada salahnya Anda berkonsultasi terlebih dulu ke dokter sebelum mengonsumsi kenari selama hamil, ya.

Semoga bermanfaat, Bun!

***

Baca Juga: 

Adakah Waktu Dilarang Berhubungan Saat Hamil? Berikut Jawabannya

7 Manfaat Kurma Ajwa untuk Ibu Hamil, Bantu Cegah Diabetes!

27 Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik, Cocok untuk Movie Time Parents!

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

[ad_2]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »