5 Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam, Mudah dan Murah! – HEALTHNEWS MAGAZINE

[ad_1]

Pernah enggak, sih, Parents akan menghadiri suatu acara penting, eh, ternyata muncul jerawat di hidung? Kira-kira, adakah cara menghilangkan jerawat dalam semalam yang bisa dilakukan?

Merujuk Mayo Clinic, jerawat sebenarnya tidak berbahaya bagi kesehatan. Kendati demikian, masalah kulit ini bisa merusak penampilan, memengaruhi harga diri, sampai menyebabkan tekanan emosional.

Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkan jerawat antara lain:

  • Produksi minyak berlebih. Pada orang yang rentan berjerawat, kelenjar minyak memproduksi terlalu banyak sebum. Sebum bercampur dengan sel kulit mati dan menyumbat pori-pori. Jika pori-pori tersumbat, folikel menonjol ke luar dan menciptakan komedo serta memicu jerawat.
  • Hormon testosteron. Selama masa pubertas, hormon testosteron meningkat. Peningkatan hormon ini dapat memicu kelenjar minyak memproduksi lebih banyak sebum.
  • Genetik. Jika orang tua atau anggota keluarga lain cenderung jerawatan, ada kemungkinan seseorang rentan berjerawat.
  • Perubahan hormon. Lebih sering dialami perempuan, perubahan hormon biasanya dialami sesaat sebelum atau ketika menstruasi dan hamil.
  • Tidak cocok dengan produk wajah. Beberapa orang juga bisa mengalami jerawat karena keliru memilih produk untuk wajah, misalnya skincare. Untuk itu, pastikan Anda memilih produk yang noncomedogenic alias tidak menyumbat pori-pori.

Artikel terkait: 10 Manfaat Air Mawar untuk Wajah, Atasi Jerawat Hingga Mencerahkan!

Adakah Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam?

Urgensi biasanya membuat seseorang berekspektasi si jerawat secepatnya pergi. Sayangnya, tidak ada cara untuk membuat jerawat benar-benar hilang apalagi dalam semalam. Semua hal membutuhkan proses termasuk pengobatan jerawat.

Ahli dermatologi dari University of Mississippi Medical Center, Robert Brodell, M.D., menjelaskan tidak ada cara menghilangkan jerawat dalam semalam. Beberapa video yang beredar di internet sempat menyebutkan, memencet jerawat digadang ampuh membuat jerawat cepat pergi.

Padahal, cara tersebut jika dilakukan secara asal-asalan dapat membuat jerawat meradang, memicu infeksi bakteri, dan memunculkan bekas luka dalam atau jaringan parut.

“Faktanya, tidak ada cara instan untuk menghilangkan jerawat,” jelas Dr. Brodell mengutip Self. Namun, bukan berarti jerawat tidak bisa diminimalisasi. Jika memang sangat perlu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar jerawat mengempes.

1. Kompres dengan Sari Lemon

Cita rasa asam buah lemon bisa dimanfaatkan untuk mengempeskan jerawat. Apalagi, buah berwarna kuning ini mengandung disinfektan alami yang mampu menyembuhkan iritasi dan radang pada kulit.

  • Bersihkan wajah menggunakan facial wash.
  • Peras setengah lemon dan tambahkan sedikit air agar tidak terasa perih ketika menyentuh kulit.
  • Oleskan ramuan lemon pada jerawat. Tunggu selama semalam.
  • Bilas wajah menggunakan air hangat keesokan harinya.

Artikel terkait: 7 Manfaat Mugwort untuk Kecantikan Kulit Wajah, Cegah Penuaan Dini hingga Atasi Jerawat

2. Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam Menggunakan Madu

Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam

Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu sangatlah bermanfaat untuk menyembuhkan ragam permasalahan kesehatan, termasuk juga jerawat. Faktanya, mengoleskan madu ke kulit membantu membuka pori kulit yang tersumbat bahkan menghidrasi kulit.

Gunakan madu alami untuk mengempiskan jerawat. Oleskan pada area berjerawat dan diamkan selama 30 menit. Bilas menggunakan air hangat.

3. Ramuan Kayu Manis

Cara menghilangkan jerawat dalam semalam berikutnya yang bisa dicoba adalah mengandalkan ramuan kayu manis. Tahukah Anda, kandungan aktif bisa membuat jerawat mengempes lebih cepat. Ya, kombinasikan dengan madu menjadi jawabannya.

Caranya pun mudah. Campurkan bubuk kayu manis dengan sedikit madu, lalu aduk sampai membentuk pasta kental. Oleskan ramuan pada jerawat dan diamkan selama semalam. Bilas wajah menggunakan air hangat di pagi hari dan lihat hasilnya!

4. Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam Menggunakan Teh Hijau

Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam

Menjadi minuman favorit, teh hijau memiliki ragam kandungan berkhasiat, lo. Adanya tanin dan flavonoid di dalamnya berfungsi melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. Berikut caranya:

  • Rebus daun teh hijau dan biarkan airnya mendidih selama 4 menit.
  • Setelah air berubah warna, tiriskan selama kurang lebih 10 menit.
  • Oleskan ramuan teh hijau pada area wajah yang berjerawat.
  • Diamkan selama 10 menit.
  • Bilas wajah menggunakan air hangat sampai bersih.

5. Singkirkan Jerawat dengan Bawang Putih

Selain sebagai bumbu dapur, siapa sangka bawang putih diagungkan secara turun-temurun oleh leluhur zaman dahulu. Ya, bawang putih bersifat antibakteri dan kaya antioksidan yang dapat mengempiskan serta menghilangkan jerawat terutama jenis jerawat batu.

Caranya juga mudah. Potonglah bawang putih kecil-kecil, kemudian tempelkan pada area kulit wajah berjerawat. Diamkan selama semalaman, lalu cuci wajah seperti biasa esok harinya.

Artikel terkait: 6 Manfaat Masker Spirulina dan Cara Mudah Membuatnya, Bisa Bikin Glowing!

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Mencegah lebih baik daripada mengobati, pun termasuk kecantikan wajah. Ada baiknya Anda juga melakukan langkah pencegahan agar jerawat enggan singgah. Bagaimana caranya?

  • Cuci wajah dengan benar. Bersihkan wajah 2 kali sehari dengan sabun wajah yang formulanya lembut. Usap perlahan dan bilas dengan air hingga bersih. Keringkan wajah menggunakan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk perlahan. Jangan lupa memisahkan handuk untuk tubuh dan wajah, ya, Parents!
  • Gunakan pelembap. Saat merawat wajah, baik pagi maupun malam hari, jangan sesekali melewatkan moisturizer. Pelembap akan membuat kulit wajah terhidrasi dengan baik, menjaganya tidak kering, juga awet muda. Pastikan Anda mencari produk berlabel noncomedogenic untuk mencegah pori tersumbat.
  • Pilih produk yang tepat. Sebagian besar produk pencegah jerawat mengandung bahan seperti benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam laktat. Bahan ini memang mencegah bakteri tetapi bisa membuat kulit kering. Anda bisa menggunakan gel retinoid topikal yang bisa mencegah jerawat.
  • Hindari merias wajah terlalu tebal. Menggunakan makeup tebal setiap hari dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan produksi minyak berlebih. Jika memang harus, jangan lupa bersihkan makeup dengan baik sebelum tidur. Pilih jenis kosmetik bebas minyak, tanpa zat pewarna, dan berlabel noncomedogenic sehingga tidak menyebabkan jerawat.
  • Bersahabat dengan tabir surya. Paparan sinar matahari dapat meningkatkan peradangan dan kemerahan pada kulit hingga menyebabkan jerawat. Setelah mengoleskan obat jerawat, hindari sinar matahari terutama di atas jam 10 pagi. Oleskan tabir surya berspektrum lebih dari SPF 30 minimal 2 jam sekali untuk melindungi kulit dari sinar matahari.
  • Tidak menyentuh wajah. Hindari terlalu sering menyentuh wajah atau menyangga pipi/dagu dengan tangan. Tindakan ini selain menyebarkan bakteri dari tangan ke wajah, juga berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit berjerawat.

Parents, meski ada beragam cara menghilangkan jerawat dalam semalam, tetapi perlu diingat bahwa tidak ada sesuatu hal yang instan. 

Baca juga:

19 Cara Bantu Hilangkan Jerawat, Perlu Dicoba Agar Kulit Wajah Sehat

7 Manfaat Madu untuk Kecantikan Wajah, Usir Jerawat Hingga Cerahkan Kulit

17 Cara Alami Hilangkan Jerawat Batu di Wajah Tanpa Obat

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

[ad_2]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »