Taman Wisata Edukasi Toga Ajang Rekreasi dan Pembelajaran di Masa Pandemi oleh Mahasiswa Unej – Peristiwa

[ad_1]

Penulis Indonesiana

Bergabung Sejak:
1 hari lalu


46 menit lalu

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Dibaca : 13 kali

    https://www.indonesiana.id/images/all/2021/09/01/f202109010951284.jpg

    Mahasiswa Universitas Negeri Jember (UNEJ) 2021 melakukan penanaman tanaman obat keluarga atau Toga untuk program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kembali ke Desa/Mudik di Desa Betet, Kecamatan Ngronggot, Nganjuk, Jawa Timur.

    Mahasiswa memanfaatkan lahan kosong dengan luas ukuran 5 m x 3 m yang letaknya di dalam pariwisata tani betet. Jenis tanaman antara lain serai, kunyit, kencur, jahe, jahe merah, lengkuas, temulawak, lidah buaya dan kunci.

    “Tanaman obat keluarga ini diharapkan dapat bermanfaat untuk jangka panjang khususnya masyarakat Desa Betet sebagai obat tradisional,” kata Aditya Pramana, selaku mahasiswa KKN yang bertanggung jawab pada program kerja tersebut, Senin (25/8/2021).

    Adit mengatakan, program pengabdian masyarakat penanaman Toga bertujuan untuk mengembangkan pariwisata desa terutama di dalam Wisata Tani Betet dengan menambah obyek wisata yaitu taman edukasi Toga(Tanaman Obat Keluarga).

    Selain itu, berfungsi sebagai penyedia obat, sekaligus berupa taman berestetika yang memenuhi kriteria keindahan pekarangan. Menurutnya, satu macam toga terdapat beberapa tanaman dan masing-masing tanaman itu memiliki manfaat yaitu meningkatkan kesehatan lingkungan.

    Tanaman Edukasi bagi anak –anak

    Ia menjelaskan, sebelum melakukan penanaman, dilakukan pembersihan lahan dari sampah dan tanaman liar yang menganggu. Lalu lahan yang sudah dibersihkan dibuat menjadi 5 bedengan  yang didesain secara setengah melingkar

    “Setiap bedengan akan ditanami satu jenis tanaman,” kata dia dalam keterangan tertulisnya.

    Setelah itu, dilakukan pemasangan papan nama-nama tanaman yang disertai oleh barcode yang dimana dari barcode ini, satu kali klik di aplikasi Barcode Scanner dapat langsung muncul informasi tentang nama tanaman secara lengkap, fungsi atau kegunaannya, dan cara menggunakannya. Sehingga memudahkan pengunjung maupun warga sekitar agar tidak salah dalam mengenali macam – macam tanaman toga

    “Diharapkan dengan adanya tanaman obat di wisata taman tani betet  ini tidak hanya berwisata namun juga dapat memberi wawasan serta edukasi untuk mengenalkan kepada anak-anak mengenai jenis serta manfaat tanaman toga,” imbuhnya.

    Oleh karena itu, dengan program yang diadakan oleh mahasiswa KKN BTV 3 ini yang dimana membuat Taman Wisata Edukasi Tanaman TOGA (Obat Keluarga) selain sebagai salah satu objek wisata juga dapat memberikan wawasan pada  pengunjung yang datang terutama kalangan anak dan ibu tentang tanaman herbal yang bisa digunakan sebagai obat pencegahan dini dan menjaga imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19 .



    [ad_2]

    Sumber Berita

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Translate »