Catat! 4 Ciri Oli Gardan Mobil Harus Diganti yang Wajib Diketahui : e-Kompas.ID Otomotif

Catat! 4 Ciri Oli Gardan Mobil Harus Diganti yang Wajib Diketahui : e-Kompas.ID Otomotif

[ad_1]

CIRI oli gardan mobil harus diganti. Mayoritas pemilik mobil hanya mengenal tentang oli mesin. Padahal sebagai pelumas, ada juga oli gardan yang tak kalah penting diperhatikan.

Oli gardan adalah pelumas yang digunakan untuk bagian transmisi otomatis pada mobil. Ketika komponen saling bergesekan, komponen-komponen tersebut tidak akan cepat rusak sebab ada oli yang melumasi.

Oli gardan tak memerlukan penggantian dengan frekuensi yang sering layaknya oli mesin. Namun, pemilik mobil tetap harus mengingat untuk menggantinya dan mengenali ciri-ciri oli gardan mobil harus diganti.

Lantas, bagaimana mengetahui ciri oli gardan mobil harus diganti? Untuk lebih jelasnya, simak rangkuman berikut ini.

4 Ciri Oli Gardan Mobil Harus Diganti

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini empat ciri oli gardan mobil yang harus diganti.

1. Muncul Gejala-Gejala dari Gardan

Karena posisi komponen gardan berada di bawah mobil, maka pemilik kendaraan akan sangat mudah melihat gejala jika oli sudah harus diganti. Diketahui, terdapat beberapa gejala atau tanda yang biasanya muncul, yaitu getaran di bagian bodi mobil ketika melewati jalanan menurun, dan muncul suara saat berbelok.

Beberapa gejala tersebut umumnya disebabkan oli gardan yang sudah tidak mampu melumasi gigi-gigi secara sempurna. Sudah pasti permukaan gigi menjadi tidak licin lagi dan menimbulkan bunyi atau getaran tidak lazim. Sehingga alangkah baiknya segera cek kondisi gardan ke bengkel untuk menyelesaikan masalah ini.

2. Perubahan Warna Oli Gardan

Selain adanya gejala yang bisa dirasakan pengemudi mobil, oli gardan yang harus diganti juga dapat dilihat dari warnanya. Ketika warnanya sudah menjadi sedikit putih atau abu-abu metalik gelap, maka harus diganti.

Akan tetapi, perubahan warna dan kekentalan dapat disebabkan oleh dua hal. Pertama, oli sudah terkontaminasi dengan air ketika melewati genangan atau banjir akan berubah warna menjadi sedikit putih. Dan, perubahan warna yang menjadi abu-abu metalik gelap sebab sudah terlalu lama digunakan alias tidak pernah diganti.

3. Suara berisik pada mobil

Selain getaran dan warna oli, perhatikan juga apabila muncul suara berisik yang cukup mengganggu ketika mobil digunakan untuk berkendara. Suara tersebut menyerupai suara mendengung yang kencang.

Munculnya suara berisik dapat disebabkan oleh komponen-komponen pada gardan yang saling bergesekan tanpa adanya pelumas dari oli yang memadai. Jika tidak segera diganti, maka suaranya akan semakin kencang dan semakin mengganggu.

ilustrasi

4. Roda mobil sulit dikendalikan

Saat roda mobil semakin sulit dikendalikan, mungkin termasuk ciri-ciri oli gardan mobil harus diganti. Jika oli masih cukup baik, gardan seharusnya dapat mengendalikan kecepatan perputaran roda.

Akan tetapi, jika kualitas oli gardan sudah kotor atau habis, maka kecepatan perputaran roda pun terganggu. Jika dibiarkan, hal ini bisa menjadi berbahaya, sebab berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Demikian 4 ciri oli gardan mobil harus diganti yang wajib diketahui.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate ยป