Cara Mencegah Infeksi Virus Hendra yang Wajib Diketahui : e-Kompas.ID Lifestyle

Cara Mencegah Infeksi Virus Hendra yang Wajib Diketahui : e-Kompas.ID Lifestyle

[ad_1]

JAKARTA Penyakit yang menyerang kuda akibat terinfeksi virus hendra menimbulkan berbagai pernyataan di tengah masyarakat. Sebab, bisa menginfeksi manusia dan memicu rasa khawatir.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof, Dr. Zubairi Djoerban, SpPD KHOM menjelaskan bagaimana agar terhindar dari infeksi virus hendra ini.

Dalam penjelasannya, ia meminta agar masyarakat menjaga kebersihan area peternakan dan vaksinasi virus hendra.

“Di antaranya memberi vaksin virus Hendra pada kuda yang sudah ada sejak 2012. Sementara vaksin untuk manusia belum tersedia,” kata Zubairi, dikutip dari Twitter pribadinya @ProfesorZubairi, Sabtu (21/5/2022)

Zubairi menyampaikan, peternak atau manusia juga harus selalu menjaga kebersihan tangan, setelah berinteraksi atau bersentuhan dengan kuda.

“Yang krusial, ya selalu jaga kebersihan peternakan dan biasakan hidup higienis, termasuk cuci tangan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, virus hendra menginfeksi manusia berasal dari Kuda. Penularan langsung dari kelelawar atau antar manusia belum bisa dipastikan, karena tidak ada bukti (penelitian) yang menjelaskan itu.

Disebutkan, penularan dari virus hendra ini berawal dari kelelawar pemakan buah. Buah yang jatuh dimakan oleh Kuda dan mengakibatkan sakit.

“Sebenarnya dari hewan mana virus Hendra ini berasal?, Inang alami virus ini adalah kelelawar pemakan buah-buahan,” jelas Prof Zubairi

“Hingga saat ini belum ada bukti penyebaran Hendra dari manusia ke manusia, maupun kelelawar ke manusia. Manusia hanya tertular dari kuda,” tambahnya

Informasi terkait jumlah kasus, Zubairi mengutarakan bahwa menurut data jumlah sampai Maret 2021, total ada 63 kasus virus Hendra pada kuda di Australia yang akibatkan 105 kematian kuda.

Lalu, terdapat 4 kasua kematian di antara 7 kasus manusia yang terkonfirmasi.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »