Hadiri Pelantikan Jose Ramos Horta, Mahfud MD: Wujud Kesiapan Kerja sama Indonesia-Timor Leste : e-Kompas.ID Nasional

Hadiri Pelantikan Jose Ramos Horta, Mahfud MD: Wujud Kesiapan Kerja sama Indonesia-Timor Leste : e-Kompas.ID Nasional

[ad_1]

JAKARTA – Menko Polhukam Mahfud MD menghadiri acara pelantikan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta di Dili, Timor Leste pada Kamis (19/5/2022) malam. Mahfud hadir sebagai Utusan Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara pelantikan itu, sekaligus perayaan ke-20 tahun kemerdekaan Timor Leste.

Mahfud menyampaikan, kehadirannya di acara tersebut sebagai bentuk kesiapan kerja sama antara Indonesia-Timor Leste yang saling menguntungkan ke depannya. Sebab, dilihat dari letak geografis, letak Indonesia dengan Timor Leste amat dekat.

“Kehadiran Indonesia memenuhi undangan yang disampaikan Pemerintah Timor Leste, adalah wujud kesiapan Indonesia sebagai negara tetangga terdekat untuk melakukan kerja sama yang saling menguntungkan,” kata Mahfud dalam keterangannya, Jumat (20/5/2022).

Dalam siaran pers, diinformasikan bahwa upacara pelantikan dilakukan dalam sesi khusus Parlemen Nasional Timor dengan dihadiri para undangan dari berbagai negara. Uniknya, pelantikan ini dilakukan jelang tengah malam.

Baca juga: Mahfud MD: Di Mana Ada Pahlawan, Kita Beri Penghormatan!

Bagi Ramos Horta sendiri, jabatan presiden ini adalah yg kedua. Jabatan pertama disandangnya di tahun 2007-2012.

Baca juga: Mahfud MD: Timor Leste Ingin Hubungan dengan Indonesia Semakin Baik

Tiga rang lain yang pernah menjabat presiden Timor Leste adalah Xanana Gusmao (2002-2007), Taur Matan Ruak (2012-2017), dan Francisco Guterres Lu Olo (2017-2022).

Diberitakan sebelumnya, Mahfud MD menyampaikan salam dan undangan kepada Ramos dari Presiden Jokowi untuk berkunjung ke Indonesia. Tak lupa, Mahfud juga menyambut baik sekaligus mengucapkan selamat atas terpilihnya Ramos sebagai presiden.

“Saya menyambut baik sekaligus mengucapkan selamat atas terpilihnya sebagai Presiden. Saya juga menyampaikan undangan dari Presiden Jokowi kepada beliau untuk berkunjung ke Indonesia,” tutur Mahfud, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: UAS Ditolak Masuk Singapura, Mahfud MD: Secara Diplomatik Kita Jernihkan Masalah Ini

[ad_2]

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »